pop | arts whatever

Wednesday, January 09, 2008

Film "Mereka Bilang, Saya Monyet": Sebuah Esei Biografis

Film yang tengah diputar di Blitz dan dirayakan sebagai bagian dari "revolusi digital di jagat sinema" ini bagi saya lebih menyerupai sebuah esei ketimbang fiksi.

Sebuah esei biografis tentang bagaimana seorang perempuan merebut tempat di tengah pusaran sastra Indonesia. Tentang kekerasan yang melatari lahirnya sebuah cerpen berjudul "Lintah". Tentang menjadi perempuan simpanan seorang mentor, dan tentang menulis sambil menenggak bir kalengan.

Semua terasa begitu "nyata", antara lain diwakili oleh syut atas halaman koran Kompas yang memuat cerpen itu. Dan, penonton pun, sebagian penonton, menduga-duga, siapakah si mentor? Siapa pula pengusaha yang muncul sekilas itu?

Menonton debut penyutradaraan Djenar Maesa Ayu ini jadi terasa seperti sebuah petualangan mencocok-cocokkan antara fakta dan fiksi, dan saya begitu menikmati kesibukan itu. Dan, dalam banyak hal, ini jauh lebih menarik ketimbang filmnya itu sendiri. Sulit bagi saya untuk peduli dengan cerita tentang pelecehan seksual yang dialami oleh perempuan yang kelak di kemudian hari bisa begitu leluasa untuk memilih lelaki yang menidurinya karena "butuh belanja, bayar apartemen dll".

Dan, apa sih makna pelecehan seksual jika kelak yang bersangkutan bisa dengan sentausa menjadi simpanan seorang penulis tua agar terorbit karir menulisnya?

Terlalu banyak gosip tentang Djenar sejak pertama kali kemunculannya di jagad sastra, sehingga ketika semua yang pernah terdengar secara bisik-bisik itu terproyeksikan dalam film ini, sepertinya sudah tak ada yang menarik lagi.

Tapi, saya suka dengan metafor lintah itu. Saya suka dengan cara film ini bertutur. Gambar-gambar yang tampil lugu, bahkan mentah, menjadi begitu termaafkan berkat struktur penceritaan yang bagus. Saya terbuai oleh dinamisasi adegan demi adegan yang dengan tangkas keluar-masuk berpindah-pindah dari masa kini ke masa lalu dengan lompatan-lompatan yang smooth. Meskipun, layaknya sebuah esei, film ini memuat begitu banyak ide, dan dalam film kadang-kadang ide hanyalah kata lain dari "komentar sosial" yang disisipkan di sana-sini, dari soal bagaimana realitas harus dipandang sampai ke isu sastra wangi.

Satu lagi yang menarik, soal moralitas. Film ini begitu ngotot untuk melarikan diri sejauh-jauhnya dari unsur tersebut, namun semakin jauh itu bisa dihindari, semakin tampak bahwa ada ketikdajujuran di sana. Hingga pada akhirnya, Djenar menyerah, oke, menjadi liar itu memang tidak mudah, ketika film sampai pada adegan pertengkaran sang tokoh utama dengan dua perempuan sahabatnya.

Setelah tokoh kita itu membentak kedua sohibnya untuk turun dari mobil, kamera terus mengikuti masing-masing, dan saya seperti terbanting ke "dunia nyata": yang satu sampai di rumah menangis karena ingat hidupnya yang hampa tanpa anak, yang satu lagi menangis menyaksikan anaknya tidur di sisi pembantu --wajah-wajah mereka seperti pendosa yang insaf. Gubrak. Jangan-jangan itulah "wajah" Djenar yang sesungguhnya, yang sepanjang film tadi ia tutupi dengan adegan-adegan ngewe, kaleng-kaleng bir kosong dan dialog-dialog vulgar. Duh.

19 Comments:

Blogger venus said...

jadi overall, film ini bagus? ah, harus nonton. secara aku lumayan suka tulisan2nya, dan si mbak satu itu seksi banget banget banget :D

2:34 AM  
Blogger Iman Brotoseno said...

Setuju ini memang bagus..dan saya membayangkan sedikit ' lebih noir ' daripada harus vulgar.
Welcome Jenar..
Keliaranmu membuat batas itu tak pernah ada.

4:00 AM  
Blogger dian said...

Waduh... jadi penasaran. Padahal kayaknya nggak bakal main di Semarang nih. Nunggu di rental lama nih...
Salam kenal

11:38 PM  
Blogger oakleyses said...

louis vuitton outlet, oakley sunglasses, michael kors handbags, cheap jordans, prada handbags, uggs outlet, michael kors outlet, oakley sunglasses, uggs on sale, ray ban sunglasses, burberry outlet, tiffany jewelry, uggs on sale, kate spade, gucci handbags, ray ban sunglasses, prada outlet, longchamp outlet, louboutin uk, burberry factory outlet, tory burch outlet, nike air max, tiffany jewelry, christian louboutin, louboutin shoes, oakley sunglasses, cheap oakley sunglasses, chanel handbags, michael kors outlet store, louis vuitton outlet, nike outlet, ralph lauren polo, louis vuitton, christian louboutin, michael kors outlet online, longchamp outlet, uggs outlet, michael kors outlet online, nike air max, longchamp bags, replica watches, ralph lauren outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, louis vuitton outlet online, nike free, michael kors

7:30 PM  
Blogger oakleyses said...

burberry pas cher, lunette oakley pas cher, coach outlet, kate spade outlet, true religion jeans, converse, coach outlet, longchamp soldes, north face uk, michael kors, louboutin pas cher, new balance, lululemon outlet, coach purses, nike air max, hermes pas cher, nike tn pas cher, vans pas cher, coach outlet store online, mulberry uk, lunette ray ban pas cher, nike air max uk, sac guess pas cher, nike air force, nike roshe run pas cher, longchamp pas cher, north face pas cher, nike air max pas cher, ray ban uk, true religion outlet, abercrombie and fitch, polo lacoste pas cher, true religion outlet, michael kors, jordan pas cher, nike free, polo ralph lauren uk, vanessa bruno pas cher, true religion outlet, hogan sito ufficiale, ralph lauren pas cher, michael kors outlet online, nike free pas cher, nike roshe uk, abercrombie and fitch UK, nike blazer pas cher, hollister uk

7:31 PM  
Blogger oakleyses said...

toms shoes, supra shoes, montre pas cher, ugg uk, juicy couture outlet, moncler, lancel, michael kors outlet online, ugg pas cher, michael kors handbags, barbour, doke & gabbana, michael kors outlet, coach outlet, louis vuitton uk, canada goose jackets, pandora charms, moncler, ugg,ugg australia,ugg italia, links of london uk, moncler jackets, hollister, juicy couture outlet, canada goose outlet, swarovski uk, pandora jewelry, canada goose pas cher, canada goose outlet, marc jacobs, moncler pas cher, thomas sabo uk, swarovski jewelry, karen millen uk, louis vuitton, moncler, moncler uk, sac louis vuitton, canada goose, moncler outlet, louis vuitton, canada goose, wedding dresses uk, ugg,uggs,uggs canada, canada goose uk, sac louis vuitton, moncler, replica watches, barbour jackets uk, bottes ugg pas cher, canada goose jackets

7:33 PM  
Blogger perick said...

This comment has been removed by the author.

8:52 AM  
Blogger Unknown said...

developrobots.com

real estate listings software

11:27 AM  
Blogger Unknown said...

This comment has been removed by the author.

2:58 AM  
Blogger universmed said...

This comment has been removed by the author.

7:13 AM  
Blogger Unknown said...

Présent sur le marcher depuis 1995, l'entreprise Best'Chauff prend en charge les travaux d'installations sanitaires neuves, leur rénovation, ainsi que les travaux de maintenance.
Le service de dépannage à toute heure du jour ou de la nuit permet à la société d'avoir une grande flexibilité par rapport aux besoin des clients.

L'équipe de Best'Chauff se compose d'une équipe de ferblantiers, d'installateurs sanitaires et de dépanneurs à votre service.

http://bestchauff.be/remplacement-de-chaudiere/

10:24 AM  
Blogger cliniqueespoir said...

Greffe cheveux pas cher Tunisie

Chirurgie esthétique du nez

12:38 AM  
Blogger avismedespoir said...

Greffe cheveux pas cher Tunisie

Acide hyaluronique Tunisie

5:23 AM  
Blogger pirlo said...

medespoir.fr

polycliniqueplus.com

www.medespoir.fr/augmentation-mammaire-tunisie

www.medespoir.fr/liposuccion-tunisie

www.medespoir.fr/fils-tenseurs-tunisie

1:58 AM  
Blogger pirlo said...

https://www.medespoir.ch/

1:09 AM  
Blogger Unknown said...

Chirurgie esthetique Tunisie
Chirurgie esthetique Tunisie
Prix liposuccion Tunisie

7:46 AM  
Blogger clinique hannibal said...

https://www.docteur-mellouli.com/

1:26 AM  
Blogger Unknown said...

https://www.nettoyage-entreprise-paris.com/services/nettoyage-de-facade/

3:59 AM  
Blogger clinique obésité said...

anneau gastrique tunisie
sleeve
clinique obesite tunisie
bypass tunisie prix

2:55 AM  

Post a Comment

<< Home