pop | arts whatever

Tuesday, October 03, 2006

The Devil Wears Prada

Akhirnya kesampaian juga nonton The Devil Wears Prada. Nonton film di Bulan Puasa –sambil nunggu waktu berbuka? Hmm…kedengarannya memang tidak lazim. Tapi, mau gimana lagi, dapat waktu luang untuk nontonnya baru Minggu (1/10/06) kemarin. Wah, kesannya sibuk banget ya sampai mau nonton film aja susah nyari waktunya. Ya, ya, hidup di Jakarta, apalagi di usia awal kepala tiga (ya ampun betapa tuanya!) memang harus begitu –maksudnya, harus tampak selalu punya kesibukan. Aku sibuk maka aku ada, begitulah kira-kira kalau mau meminjam logika Descartes.

Dan, inilah kesibukan di Blok M Plaza menjelang nonton siang itu. Di luar dugaan, mall agak sepi. Saya kira akan sangat ramai dan berjubel. Mungkin karena masih awal bulan puasa, sehingga belum banyak orang yang berburu baju lebaran. Karena datang “kepagian”, setelah membeli tiket saya berjalan-jalan keliling mall. Tujuan pertama: Hero, beli minuman untuk berjaga-jaga kalau sampai waktu berbuka film belum selesai. Saya akan menonton jam 16.00 dan sekarang masih jam 14.00.

Tapi, sebelum sampai di Hero, pacar saya teringat sesuatu ketika kami melintasi M Studio. Oh, ya sejak tadi saya belum bilang kalau pergi bersama pacar saya. Dia masih sangat muda, sehingga banyak teman sering meledek dengan mengatai saya pedofil. Ah, tentu saja mereka bercanda. Bahkan Michael Jakson pun saya rasa tak adil jika dibilang begitu. Sebab, saya rasa dia tak melakukan perundungan seksual seperti yang dituduhkan dan disebarluaskan media massa. Dia hanya bercinta dengan anak-anak itu.

Saya tidak bercinta dengan anak-anak, tapi remaja berusia 17 tahun. Dan dia pacar saya. Saya mencintai dia dan dia mencintai saya. Bagaimana membuat mereka mengerti?

Saya menunggu pacar saya mencetak beberapa foto dari HP-nya. Saya ikut memilih satu foto yang saya pikir bagus untuk dicetak. Foto dia yang saya ambil ketika kami nongkrong di J-Co Citos beberapa malam yang lalu. Empat lembar foto tercetak dan kami meninggalkan M Studio. Pacar saya menimang-nimang dan mengagumi fotonya sendiri. Dia memang narsis. Dia memberi saya selembar dan saya memasukkannya dalam dompet setelah menatapnya sejenak. Memang keren pacar saya. Saya bangga padanya.

Kami menyusuri koridor, menuruni tangga demi tangga dan masuk ke Hero, membeli tiga botol minuman. Teh hijau, teh aroma melati dan pepsi. Kembali ke lantai atas, kami sempat melihat-lihat baju di beberapa gerai. Dan ketika pacar saya melihat-lihat kalung di Naughty, saya tidak ikut masuk. Pacar saya tak jadi beli kalung. Tapi, waktu untuk nonton film masih lama. Saya lupa apa yang kami lakukan kemudian, tapi setengah empat kami naik ke lantai 6 dan duduk di sofa 21 sambil ngobrol.

Dan, film yang kami tunggu-tunggu pun dimulai.

Film dibuka dengan sebuah pagi yang sibuk: Andy Such mempersiapkan diri untuk memenuhi panggilan kerja sebagai asisten pemimpin redaksi Runaway, sebuah majalah fashion. Penampilannya yang cupu membuat ia disambut dengan tatapan aneh di kantor itu. Dan, ujung-ujungnya, ia dicueki oleh sang pemimpin redaksi, yang tak lain Miranda Priestley yang legendaris, dan dikenal sebagai bos yang kejam. Tapi, Andy sama sekali belum pernah mendengar apapun tentang Miranda. Tapi, di luar dugaan, ia justru diterima sebagai asisten barunya, mendampingi asisten lama, Emily. Bahkan, meskipun sempat hampir putus asa, Andy akhirnya berhasil mengambil hati sang bos. Dan, akhirnya menggantikan Emily mendampingi Miranda pergi ke Paris!

Kisah yang manis. Bukankah semua kisah tentang perempuan muda adalah kisah Cinderela, yang akhirnya menemukan sepatu kaca kebahagiaan hidupnya? Andy adalah cinderela yang akhirnya menemukan sukses tidak hanya dalam cinta tapi juga karir. Andy diperankan dengan bagus oleh Anna Hathaway yang sebelumnya bermain sebagai istri yang mendapati suaminya ternyata gay dalam film nominasi Oscar Brokeback Mountain. Dia sendiri juga dinominasikan sebagai aktris pendukung terbaik.

Tapi, yang paling mengejutkan dari Devil Wears Prada adalah Meryl Streep yang memerankan Miranda.

Saya sama sekali tak membayangkan bahwa Streep akan memerankannya seperti itu: angun, dingin dan menjaga suaranya selalu rendah dan lirih. Namun, karakter yang sama sekali jauh dari kata “devil” itu justru dengan sangat efektif membangun efek yang mengerikan dari seorang bos yang seolah datang dari neraka. Simak bagaimana Miranda memerintahkan Andy untuk mencarikan penerbangan alternatif, karena tak ada pesawat komersial yang mau terbang karena cuaca buruk. “Telpon Donatela, kontak semua perancang yang memiliki jet pribadi!” Simak juga bagaimana ia menyuruh Andy mencarikan manuskrip terbaru Harry Potter yang sedang akan diterbitkan, untuk anak kembarnya.

Devil bukanlah film yang istimewa, tapi film yang hampir pasti akan disukai siapapun yang menontonnya. Siapapun, maksudnya orang dewasa yang tahu apa dan siapa satu dari tiga kata dalam judul film ini: Prada.

Diangkat dari novel laris karya Lauren Weisberger, Devil konon diilhami sosok nyata pemimpin redaksi majalah Vogue, Anna Wintour. Dan karakter Andy Sach tak lain alter ego dari Weisberger sendiri. Tapi, siapa yang peduli juga? Yang jelas filmnya sangat menghibur. Nggak tahu deh bukunya, yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan diterbitkan Gramedia dengan judul Bos Paling Kejam Sedunia. Soalnya, saya belum baca. Dan, habis nonton filmnya, kok jadi pengen beli dan baca bukunya.

Pacar saya juga sangat menikmati film itu. “Ih kereeen banget…” desisnya berkali-kali ketika kami berputar-putar di mall untuk mencari tempat berbuka puasa. Mall yang tadinya sepi, tiba-tiba begitu riuh dan semua tempat makan penuh.

4 Comments:

Blogger Unknown said...

Well.. saya juga mempunyai atikel yang sama tentang "The Devil Wears Prada", baca juga yach...

http://www.movie-holic.net/2008/03/the-devil-wears-prada/

6:38 PM  
Blogger oakleyses said...

louis vuitton outlet, oakley sunglasses, michael kors handbags, cheap jordans, prada handbags, uggs outlet, michael kors outlet, oakley sunglasses, uggs on sale, ray ban sunglasses, burberry outlet, tiffany jewelry, uggs on sale, kate spade, gucci handbags, ray ban sunglasses, prada outlet, longchamp outlet, louboutin uk, burberry factory outlet, tory burch outlet, nike air max, tiffany jewelry, christian louboutin, louboutin shoes, oakley sunglasses, cheap oakley sunglasses, chanel handbags, michael kors outlet store, louis vuitton outlet, nike outlet, ralph lauren polo, louis vuitton, christian louboutin, michael kors outlet online, longchamp outlet, uggs outlet, michael kors outlet online, nike air max, longchamp bags, replica watches, ralph lauren outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, louis vuitton outlet online, nike free, michael kors

6:57 PM  
Blogger oakleyses said...

converse shoes outlet, salvatore ferragamo, timberland boots, softball bats, herve leger, ray ban, hollister, louboutin, gucci, nike roshe run, iphone cases, beats by dre, mcm handbags, oakley, p90x workout, insanity workout, wedding dresses, abercrombie and fitch, abercrombie, nike air max, mac cosmetics, babyliss pro, valentino shoes, bottega veneta, mont blanc, converse, jimmy choo outlet, hollister clothing, nike air max, north face outlet, new balance shoes, north face outlet, instyler ionic styler, soccer shoes, lululemon outlet, asics running shoes, ghd hair, giuseppe zanotti, soccer jerseys, nfl jerseys, longchamp uk, reebok outlet, nike air huarache, chi flat iron, hermes handbags, vans outlet, polo ralph lauren, celine handbags, nike trainers uk, vans scarpe

7:01 PM  
Blogger John said...

michael kors outlet
ray ban sunglasses outlet
prada outlet
michael kors outlet online
north face jacket
ugg boots outlet
ugg australia
coach factory outlet
michaek kors handbags
nike trainers
replica watches for sale
michael kors outlet
ugg boots
toms shoes
coach outlet store online
ray ban sunglasses outlet
cheap uggs
uggs outlet
michael kors outlet stores
ugg boots for men
cheap uggs
true religion outlet
ralph lauren uk
coach outlet online
jordan shoes
uggs outlet
michael kors outlet online
christian louboutin outlet
marc jacobs
michael kors handbags
coach outlet store online
kate spade handbags
lebron 12
beats by dre
christian louboutin
oakley sunglasses
tory burch shoes
vans shoes
rolex watches outlet
oakley sunglasses
20151225yuanyuan

7:09 PM  

Post a Comment

<< Home