pop | arts whatever

Monday, January 08, 2007

Bagaimana Mengetahui Seseorang (Bukan) Gay?

1. Lupakan semiotika. Kalau kau belum pernah membaca --atau bahkan mendengar namanya sekali pun-- Saussure maupun Barthes, juga jangan berkecil hati. Kajian budaya hanyalah jualan baru penerbit-penerbit asal Yogyakarta yang menerjemahkan tanpa membeli hak cipta. Di lapangan, kau hanya akan bertemu dengan orang-orang yang tak terlau susah untuk kau kenali sebagai cowok gay.

2. Tak terlalu susah itu artinya memang bisa agak susah atau tak gampang-gampang amat. Artinya lagi, kemungkinan untuk salah memang ada. Tapi, itu tidak buruk bukan? Toh, permainan mengenali gay ini bukanlah kuis yang jika kau salah kau akan kehilangan kesempatan untuk membawa pulang hadiah jutaan rupiah.

3. Tapi, mengapa harus mempelajari ciri-ciri cowok gay? Apa pentingnya? Pertama, ini untuk para cewek (terutama yang sedang nyari pacar atau selingkuhan):karena jumlah cowok gay semakin banyak, dan umumnya keren-keren, maka dengan mengenalinya kau akan terhindar dari salah-taksir. Kedua, ini untuk umum: dengan mengenali, kita akan semakin sadar akan keberadaan kita di tengah pergaulan sosial yang terus berubah. Ini agak-agak teoritis ya, tapi kira-kira begitulah. Dengan kata lain, percayalah, bab tentang cara mengenali gay merupakan pengetahuan praktis yang berguna bagi siapa pun dan akan semakin berguna dalam konteks dinamika kehidupan kota megapolitan serupa Jakarta.

4. Pernah dengar istilah homofobia kan? Nah, kalau kau orang seperti itu, kau akan menghindari tempat-tempat yang sering menjadi titik-ngumpul para cowok gay. Itu lebih baik bagimu ketimbang nanti kamu merasa terjebak, lalu mengumpat dan mencaci-maki. Dengan mengenali sejak dini, kau bisa sedini pula menghindari tempat-tempat yang akan membuatmu merasa "salah-masuk" atau tidak nyaman, seperti Blok M Plaza, Kafe Ohlala Djakarta Teater dan Pasar Festival. Pastilah yang lebih baik adalah, kau bukan seorang homofobia.

5. Ya, sebab, di era keterbukaan (duh, basi banget ya ungkapannya) seperti sekarang, makin tak ada tempat bagi orang-orang yang tak memiliki toleransi terhadap perbedaan, termasuk perbedaan orientasi seksual. Dengan kata lain, siapun pun dirimu, kau tak akan pernah bisa lari dari homoseksualitas. Cowok gay ada di mana-mana dan dan sekali lagi, kau hanya harus mengenalinya.

6. Caranya? Pernahkah kau mendengar ungkapan seperti: semua perancang busana (pasti) gay. Ini namanya stereotip. Orang biasanya menghindarinya karena dianggap terlalu menyederhanakan persoalan. Tips dari saya untuk mengenali gay, jangan takut menggunakan stereotip. Kau memang akan kedengeran dangkal, setidaknya pada awalnya, tapi percayalah, stereotip akan menuntunmu pada kebenaran sejati (alah!) karena separo dari stereotip itu benar, alias mencerminkan kenyataan yang sesungguhnya.

7. Inilah beberapa stereotip terkini yang melekat pada cowok gay: jalan sendirian di mall; bersama rombongan yang semuanya cewek; pakai behel dengan warna ijo muda; mengenakan tas selempang; kaos ketat dobel-dobel; rambut ekstrem-funky; memakai kaos bertuliskan 'no ejaculation'; milih-milih baju di departmen store sambil nyanyi-nyayi lirih atau bersenandung menirukan lagu yang tengah diputar; jam setengah dua belas malam ada di halte Sarinah-Thamrin; kau cowok dan dia menoleh dua kali ke arahmu; setiap lima detik mengucapkan 'nek', 'cuepe dee' dan 'bok'; setiap mendengar kata 'manis' dia akan menyahut 'makasiiy!' sambil mengerjap-ngerjap centil.

8. Sampai di sini, mungkin kau heran dan bertanya: hanya karena mengenakan tas selempang seseorang bisa diidentifikasi sebagai gay -yang bener aja?! Sabar. Sekali lagi, jangan takut berpikir secara stereotip: jangan takut salah, tapi juga jangan takut benar. Toh, kau tidak akan mendatangi yang bersangkutan dan bertanya, lo gay? untuk mencocokkan dugaanmu benar atau salah. Permainan tebak-tebakan ini hanya untuk dinikmati dalam hati saja. Ingat: jangan takut salah, karena stereotip mengandung separo kebenaran.

9. Jadi, kalau mau disimpulkan atau ditarik rumus umumnya: seorang cowok gay bisa dikenali pertama kali dan terutama (cukup) lewat penampilannya. Cowok-cowok yang mengenakan kaos bergambar Iwan Fals, atau partai politik tertentu, atau bertuliskan nama toko besi, memakai jaket jins ala tukang ojek atau sepatu converse bajakan, hampir pasti bukan gay. Tapi, secara ironis, tak menutup kemungkinan bahwa mereka (juga) gay. Sekali lagi ingat, bila itu terjadi, itu ironi.

10. Tulisan ini hanya pengantar. Untuk konsultasi lebih lanjut, nomer HP saya 81585480...hehehehe.

10 Comments:

Blogger Haris Firdaus said...

ha ha ha. tulisanmu bikin ngakak abis. tapi maksih deh dah memberi tips praktis yang semoga aja berguna. ha ha ha .

4:44 PM  
Anonymous Anonymous said...

Hihihi, Mu. Kocak banget. gue sebenarnya lg bikin tulisan seperti ini, tp setelah baca tulisanmu gue jd minder, hehehe.

5:48 PM  
Blogger Bangsari said...

waduh. gay lagi? kabur dah...

5:38 PM  
Blogger Unknown said...

Tas selempang? hmmm.. makanya tas laptopku aku ganti ama ransel skrg.. he he he

7:34 PM  
Blogger coklat said...

sama ga sih antara gay ama banci?
klo yg kerja di salon itu gay apa bkn?apakah merka gayanya sprti perempuan?

9:07 PM  
Blogger Pengakuan Gay Indonesia said...

Cari2 kenalan gay / bisex indonesia. Yg tertarik bicara solusi, mungkin karna jarak jauh, bgmn biar bisa dekat! Tidak mengundang perkenalan basa-basi yg cuma smsn tidak jelas. Realita, saat kita mengenal seseorang, saat kita sudah simpatik, tentu kita berharap bisa berjumpa segera. Nah kalo anda punya niat, tentu anda akan tertarik bicara jalan keluarnya, bagaimana supaya kita bs dekat! Tidak semua yg terbaik itu ada disekeliling kita. Malah kdg orang yg mau mengerti kita mungkin ada diluar sana! Tidak ada yg instan. Walaupun ada, instan itu cuma bersifat sementara. Saat anda benar2 menginginkan suatu hubungan yg baik & benar, saat anda sudah bosan dg hubungan anda yg gagal, pasti akan berpikir 1000x jangan sampai terulang!
Jujur saya tidak pernah suka yg muda. Kebanyakan lebay & manja. Saya suka sosok yg dewasa. Sama2 bisa berpikir akan planing positif kedepan. Salam tuk anda yg special, silahkan kontak ; 085664600785 atau BBM : 219ac6dc

11:15 AM  
Blogger Unknown said...

cheap nike shoes
adidas outlet
soccer jerseys wholesale
michael kors handbags
mulberry outlet store
prada outlet
cheap nba jerseys
ralph lauren uk
swarovski crystal
oakley sunglasses wholesale
chanel handbags outlet
ralph lauren outlet
cheap jordan shoes
canada goose coats
toms outlet store
puma outlet
north face outlet store
ugg boots
black friday deals
1127minko

5:11 PM  
Blogger John said...

louis vuitton outlet
louis vuitton
michael kors outlet online
polo ralph lauren
coach factory outlet
gucci outlet
uggs on sale
ugg boots
adidas superstar
uggs clearance sale outlet
oakley sunglasses wholesale
coach outlet
air jordan retro
uggs outlet
abercrombie & fitch
coach outlet
michael kors
oakley sunglasses
jordan concords
michael kors handbags
michael kors outlet online
kd shoes
ray ban sunglasses
louis vuitton backpack
abercrombie and fitch
coach outlet store online
tory burch outlet
adidas originals
mont blanc pens
michael kors outlet
ray ban sunglasses outlet
prada outlet
michael kors outlet online
north face jacket
ugg boots outlet
ugg australia
coach factory outlet
michaek kors handbags
nike trainers
20151225yuanyuan

7:05 PM  
Blogger Unknown said...

www0609
dansko shoes
longchamp bags
pandora jewelry
nike air max
ralph lauren polo
prada handbags
fila shoes
cheap mlb jerseys
oakley sunglasses
coach factory outlet

10:18 PM  
Blogger rokaa said...

https://khalejmovers.com/نقل-اثاث-الرياض-الاردن/
https://khalejmovers.com/نقل-اثاث-الرياض-الامارات/
https://khalejmovers.com/نقل-اثاث-الرياض-الكويت/
https://khalejmovers.com/شركة-نقل-اثاث-من-الرياض-الى-البحرين/
https://khalejmovers.com/نقل-اثاث-من-الرياض-الى-القصيم/
https://khalejmovers.com/شركة-شحن-من-الرياض-لمصر/


3:31 PM  

Post a Comment

<< Home