pop | arts whatever

Wednesday, November 15, 2006

Tesla

Berhari-hari saya memikirkan Nikola Tesla –kejutan kecil yang muncul dalam film The Prestige (Christopher Nolan) yang kini sedang diputar di bioskop-bioskop di Jakarta. Diperankan oleh David Bowie dengan mengesankan, Tesla ditampilkan sebagai sosok ilmuwan jenius yang melatari perseteruan dua pesulap di Inggris awal abad XX, Robert Angier melawan Alfred Borden.

Dikisahkan, temuan Tesla yang spektakuler di bidang eletromagnetik dimanfaatkan oleh salah satu untuk memperkuat trik sulapnya dalam menandingi yang lain.

Sejak masih duduk di kursi Studio XXI Plaza E.X nama Tesla sudah langsung menyeret saya dalam pusaran ingatan yang serba samar. Tesla…Tesla…Tesla…saya merasa seperti pernah mengenalnya. Maksud saya, saya seperti pernah mendengar namanya. Bayangan gelap dalam kepala saya mulai berangsur menemukan titik terang ketika dalam satu adegan disebut-sebut nama Thomas Edison, yang dikonteks-kan sebagai seteru Tesla.

Thomas Edison. Siapa bisa melupakan namanya? Murid SD inpres di desa tertinggal juga tahu siapa dia. Dan, munculnya nama dia membuat saya membenarkan keyakinan tadi, bahwa saya pernah mendengar nama Tesla. Dia ilmuwan yang benar-benar ada, seperti Edison si penemu bola lampu itu. Saya lalu ingat, ketika duduk di bangku SMA, jurusan Fisika, saya pernah mempelajari bahwa nama Tesla dipakai sebagai satuan induksi magnetik (B) dengan simbol T.

Berhari-hari saya terus memikirkan Nikola Tesla. Mengapa dia yang namanya diabadikan menjadi satuan salah satu besaran penting dalam fisika, seperti hilang dari ingatan? Sedangkan, Thomas Edison yang namanya tidak dipakai untuk satuan apapun, justru melekat begitu kuat dalam benak? Apakah temuan Tesla kurang penting dibandingkan temuan Edison? Apakah pengaruh (temuan) Tesla kurang besar dan kurang mengubah sejarah dibandingkan Edison?

Apakah ini semata kerja ingatan kita, ketika subjek tertentu begitu lekat dalam ingatan kita dan subjek yang lain seolah terlupakan? Siapa sebenarnya Tesla?

Saya tahu, sama sekali tidak sulit untuk melacak informasi mengenai suatu subjek tertentu di zaman internet ini. Maka, begitulah, di sela-sela hari kerja yang membosankan, saya pelototi wikipedia untuk mengumpulkan kembali keping-keping fakta tentang Tesla. Kau bisa membaca sendiri di sana. Tapi, kau tetap tak akan pernah tahu, mengapa nama Tesla tak melekat di kepala kita seperti nama Edison.

Apakah ini semata kerja ingatan?

Berhari-hari saya terus memikirkan Nikola Tesla….

3 Comments:

Blogger oakleyses said...

louis vuitton outlet, oakley sunglasses, michael kors handbags, cheap jordans, prada handbags, uggs outlet, michael kors outlet, oakley sunglasses, uggs on sale, ray ban sunglasses, burberry outlet, tiffany jewelry, uggs on sale, kate spade, gucci handbags, ray ban sunglasses, prada outlet, longchamp outlet, louboutin uk, burberry factory outlet, tory burch outlet, nike air max, tiffany jewelry, christian louboutin, louboutin shoes, oakley sunglasses, cheap oakley sunglasses, chanel handbags, michael kors outlet store, louis vuitton outlet, nike outlet, ralph lauren polo, louis vuitton, christian louboutin, michael kors outlet online, longchamp outlet, uggs outlet, michael kors outlet online, nike air max, longchamp bags, replica watches, ralph lauren outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, louis vuitton outlet online, nike free, michael kors

6:57 PM  
Blogger oakleyses said...

burberry pas cher, lunette oakley pas cher, coach outlet, kate spade outlet, true religion jeans, converse, coach outlet, longchamp soldes, north face uk, michael kors, louboutin pas cher, new balance, lululemon outlet, coach purses, nike air max, hermes pas cher, nike tn pas cher, vans pas cher, coach outlet store online, mulberry uk, lunette ray ban pas cher, nike air max uk, sac guess pas cher, nike air force, nike roshe run pas cher, longchamp pas cher, north face pas cher, nike air max pas cher, ray ban uk, true religion outlet, abercrombie and fitch, polo lacoste pas cher, true religion outlet, michael kors, jordan pas cher, nike free, polo ralph lauren uk, vanessa bruno pas cher, true religion outlet, hogan sito ufficiale, ralph lauren pas cher, michael kors outlet online, nike free pas cher, nike roshe uk, abercrombie and fitch UK, nike blazer pas cher, hollister uk

6:59 PM  
Blogger yanmaneee said...

cheap jordans
supreme outlet
supreme hoodie
lebron shoes
retro jordans
stone island
kd shoes
offwhite
birkin bag
yeezy boost 350 v2

9:32 AM  

Post a Comment

<< Home