pop | arts whatever

Friday, April 27, 2007

Kala: Ketika Donat Dibikin Tertawa

oleh: seseorang dengan Yahoo-ID ayo invisible!

Ya, donat pun bisa tertawa. Itulah hal paling sensasional di dunia film, apalagi sejak teknologi tridi sudah bukan hal asing lagi. Dan, ketika seseorang memutuskan untuk membeli karcis bioskop, sebenarnya ia pun telah bersiap untuk dikibuli dengan, misalnya, cerita-cerita paling konyol macam "donat ketawa-ketiwi" ini. Saya pribadi, masuk bioskop berarti rekreasi. Soal ada film "merengkuh realitas", film "anti-intelek", film noir, whatevah dsb, buset dah, yang saya ingin tahu pertama-tama adalah seberapa cantik film itu "menipu" saya.

Untuk menyulap konsep-konsep konyol menjadi "jempol", bisa jadi Hitler adalah teladan sejati dengan teorinya: kebohongan yang diulang-ulang akan menjadi kebenaran. Karena teori itulah dengan penuh penasaran saya menunggu-nunggu nongolnya jilid ketiga Spiderman. Ada orang jadi laba-laba? Ternyata bisa saja karena si dia dulu begini dan begitu dan dia hidup di kota seperti itu dengan musuh-musuh yang... dst. Ada donat bisa tertawa? Ya, karena di sana semua kue memang cerewet semua, karena...karena... dst. Semua "kebenaran" dibangun dengan "kebohongan-kebohongan" sempurna, tidak asal "pokoknya ya begitulah ceritanya!"

Ketika saya nonton "Kala", saya tak bisa menyembunyikan kekecewaan karena parameter saya adalah Janji Joni yang lumayan asoi tipuannya. Menurut saya Kala tidak lebih bagus dari Janji Joni kerena satu alasan: Joko telah menjadi "egois" dengan menebar banyak sekali "pokoknya ya begitulah ceritanya!" di sepanjang cerita.

- mengapa dia gay? pokonya begitu ceritanya
- mengapa Jawa-baya? halah, ini kan cuma cerita
- mengapa hantu? oh, aku emang suka begitu
- mengapa ogoh-ogoh? emang apa peduli eloh?
- mengapa memburu harta? bleh, bikin cerita sendiri sana!

Saya sudah mulai terbiasa dan gak akan heboh bila "jawaban-jawaban" itu semua sudah jadi epidemi di film-film Indonesia, tapi...Joko Anwar gitu loh!! Masak sih?

Saya pikir tidak ada jeleknya bermain di zona aman, mengukuhkan pijakan, dengan membuat another Janji Joni yang katanya rendah teknologi tapi saya yakin telah betul-betul dikuasai Joko detil-detilnya. Saya pribadi tak peduli apakah filmmaker-nya pakai mini-DV ataukah kamera 35 mili, yang penting... cut, mana ekspresinyaaaaa?!

Joko kali ini memaksa saya percaya ada donat bisa tertawa tanpa peduli apakah saya cukup pintar membedakan mana donat mana tomat. Semoga ini dia lakukan tanpa sengaja.

Dan, di filmya kali tidak ada donat dan tomat sama sekali. Anda bisa buktikan sendiri. Kalau bisa, ajak juga semua teman, sodara, bapak, ibu, tetangga, semuanya untuk ikut menjadi saksi salah satu tonggak sejarah perfileman Indonesia. Saya serius!

Hidup film Indonesia!

4 Comments:

Blogger minan ali said...

Sempat ketemu Joko di acaranya di aksara. Di sana Joko akhirnya kelepasan berspoiler (ia akui spoiler ini bikin ia menitik air mata) tentang inti pesan filmnya kali ini yang seandainya orang bisa menyingkapnya tanpa spoilernya akan benar-benar menjadi orgasme intelektual baginya.
Kuncinya ada di pertanyaan: mengapa dia-yang-dinanti-kedatangannya ternyata gay?

7:08 PM  
Blogger oakleyses said...

louis vuitton outlet, oakley sunglasses, michael kors handbags, cheap jordans, prada handbags, uggs outlet, michael kors outlet, oakley sunglasses, uggs on sale, ray ban sunglasses, burberry outlet, tiffany jewelry, uggs on sale, kate spade, gucci handbags, ray ban sunglasses, prada outlet, longchamp outlet, louboutin uk, burberry factory outlet, tory burch outlet, nike air max, tiffany jewelry, christian louboutin, louboutin shoes, oakley sunglasses, cheap oakley sunglasses, chanel handbags, michael kors outlet store, louis vuitton outlet, nike outlet, ralph lauren polo, louis vuitton, christian louboutin, michael kors outlet online, longchamp outlet, uggs outlet, michael kors outlet online, nike air max, longchamp bags, replica watches, ralph lauren outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, louis vuitton outlet online, nike free, michael kors

6:58 PM  
Blogger Unknown said...

oakley sunglasses wholesale
adidas outlet
puma outlet
ray ban outlet
michael kors outlet
jordan shoes 2015
north face outlet store
new orleans saints
cyber monday deals
giuseppe zanotti outlet
ugg boots
nike running shoes
green bay packers
juicy couture tracksuit
babyliss flat iron
ugg boots
swarovski outlet
oklahoma city thunder
michael kors outlet online
moncler outlet

12:59 AM  
Blogger Unknown said...

rolex online store
louis vuitton outlet
rolex oyster perpetual
oakley sunglasses outlet
michael kors
ray ban sunglasses
cheap ugg boots
kate spade outlet
ralph lauren
supreme t shirts
2017.08.28chenlixiang

7:33 PM  

Post a Comment

<< Home