pop | arts whatever

Wednesday, February 21, 2007

Bos

Pagi-pagi, kami dikejutkan oleh pekikan-pekikan kecil namun cukup gaduh dari ruangan bos. Tak lama kemudian, pekikan itu terdengar makin keras dan dekat, karena si bos ternyata sudah berada di tengah-tengah kami yang sedang tenggelam di depan komputer.

"Hore! Hore! Hore!"

Kami hanya bisa saling pandang dengan wajah berkerut penuh tanda tanya. Tapi, yang lebih heran tentu saja tiga mahasiswa dari Yogya yang sedang magang di kantor kami. Mereka bengong dengan kepala mendongak dan mulut terganga lebar.

Menyadari hal itu, si bos langsung berkata kepada mereka. "Kalau kalian magang di kantor lain, bosnya itu jaim banget. Tapi, kalau di sini...(bosnya) kenthir!"

Kami semua tertawa ngakak.

Hari itu, si bos memang sedang gembira. Kemarin, ia menandai peluncuran produk terbaru perusahaan kami dengan sebuah konferensei pers, dan sukses. Hari ini, baru saja dia dihubungi oleh sebuah stasiun televisi untuk diminta menjadi narasumber acara mereka.

Ah, tapi kami memang sudah terbiasa mendapati si bos berkelakuan seperti anak kecil, melonjak-lonjak kegirangan. Misalnya, ketika tendernya menang atau proposal proyeknya disetujui.

***

Saya termasuk karyawan baru di kantor tempat saya kerja sekarang. Dengan demikian, si bos itu juga bisa dibilang bos baru bagi saya. Meskipun, juga nggak baru-baru amat. Dia salah satu direktur di kantor lama saya dulu. Dia keluar dan mendirikan perusahaan sendiri. Dan, sekarang saya bergabung dengannya.

Di kantor yang dulu, saya tak sempat mengenalnya, kecuali sebatas tahu bahwa dia salah satu pimpinan perusahaan. Saya bukan bawahan dia langsung.

Pada hari pertama saya datang di kantor dia sekarang, saya canggung-canggung masuk ke ruangannya. Tapi, dia menyambut saya dengan gelegar suara yang mencairkan suasana. Setelah obrolan beberapa saat, saya langsung marasa, saya akan cocok bekerja sama dia.

Beberapa hari bekerja, saya mulai mengenali kebiasaan dia. Berjalan dari bangku ke bangku, menyapa satu per satu anak buahnya sambil mengeluarkan kelakar-kelakar ala Srimulat. Kalau ada desainer atau programmer yang memperlihatkan hasil karya yang bagus dan memuaskan hatinya, dia akan berkata dengan gayanya yang khas. "Ukuran sepatumu berapa?"

Kebiasaan lain, yang mungkin tak lazim dijumpai pada seorang bos, dia suka menyanyikan lagu-lagu Agnes Monica. Cinta ini, terkadang tak ada logika. Di ruang kerjanya tersandar sebuah gitar listrik dan pada saat senggang dia memainkannya. Suatu hari, kami mendengar dia memetik gitar itu sambil lirih menembang. Dalam hitam gelap malam, kuberdiri melawan sepi.

Suaranya berat dan mantap, seperti seorang pemain teater.

Hari-hari ini, dia lagi senang menyenandungkan lagu terbaru Bunga Lestari. Sunny...sunny.

***

Suatu hari Sabtu, kami diminta masuk karena ada pekerjaan yang harus dikejar penyelesainnya. Tapi, si bos mengajak kami untuk pulang tak terlalu malam. Mau nonton grand final Indonesian Idol di televisi, katanya.

Di dalam lift dia memberi kami tebakan. Siapa yang akan menang? Ada yang menjawab Ihsan, ada yang Dirly. Menurut si bos, dua-duanya punya peluang menang sama besar, karena sama-sama bertampang melas.

***

Sehari setelah Hari Raya Imlek, Minggu (18/2/07) lalu, si bos menghampiri salah seorang manajer kami, yang beretnis Tionghoa. "Met Imlek ya, semoga rejekinya makin lancar."

Saya mendengar lamat-lamat, dan saya terharu.

Bos saya yang dulu, kalau melihat anak buahnya chatting di YM atau browsing yang tak berkaitan dengan pekerjaan, akan langsung berseru, "Mendingan kamu wawancara deh."

Tapi, bos saya yang sekarang justru selalu bilang, "Jangan kerja terus, kamu tetap harus punya kehidupan pribadi." Tak jarang saya juga mendengar dia berkata, "Pikirin deh idenya, kalau perlu keluar sana, ngopi-ngopi sambil diskusi."

6 Comments:

Blogger oakleyses said...

louis vuitton outlet, oakley sunglasses, michael kors handbags, cheap jordans, prada handbags, uggs outlet, michael kors outlet, oakley sunglasses, uggs on sale, ray ban sunglasses, burberry outlet, tiffany jewelry, uggs on sale, kate spade, gucci handbags, ray ban sunglasses, prada outlet, longchamp outlet, louboutin uk, burberry factory outlet, tory burch outlet, nike air max, tiffany jewelry, christian louboutin, louboutin shoes, oakley sunglasses, cheap oakley sunglasses, chanel handbags, michael kors outlet store, louis vuitton outlet, nike outlet, ralph lauren polo, louis vuitton, christian louboutin, michael kors outlet online, longchamp outlet, uggs outlet, michael kors outlet online, nike air max, longchamp bags, replica watches, ralph lauren outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, louis vuitton outlet online, nike free, michael kors

6:58 PM  
Blogger oakleyses said...

toms shoes, supra shoes, montre pas cher, ugg uk, juicy couture outlet, moncler, lancel, michael kors outlet online, ugg pas cher, michael kors handbags, barbour, doke & gabbana, michael kors outlet, coach outlet, louis vuitton uk, canada goose jackets, pandora charms, moncler, ugg,ugg australia,ugg italia, links of london uk, moncler jackets, hollister, juicy couture outlet, canada goose outlet, swarovski uk, pandora jewelry, canada goose pas cher, canada goose outlet, marc jacobs, moncler pas cher, thomas sabo uk, swarovski jewelry, karen millen uk, louis vuitton, moncler, moncler uk, sac louis vuitton, canada goose, moncler outlet, louis vuitton, canada goose, wedding dresses uk, ugg,uggs,uggs canada, canada goose uk, sac louis vuitton, moncler, replica watches, barbour jackets uk, bottes ugg pas cher, canada goose jackets

7:26 PM  
Blogger Unknown said...

hermes outlet
nike trainers
mlb jerseys
michael kors outlet
canada goose outelt
swarovski crystal
air jordan 4
lacoste pas cher
kobe bryants shoes
cheap football shirts
swarovski crystal
parajumpers outlet
canada goose outlet
ralph lauren outlet
air jordan 11
phone cases
michael kors canada
longchamp handbags
louis vuitton bags

12:54 AM  
Blogger Unknown said...

cheap nike shoes
adidas outlet
soccer jerseys wholesale
michael kors handbags
mulberry outlet store
prada outlet
cheap nba jerseys
ralph lauren uk
swarovski crystal
oakley sunglasses wholesale
chanel handbags outlet
ralph lauren outlet
cheap jordan shoes
canada goose coats
toms outlet store
puma outlet
north face outlet store
ugg boots
black friday deals
1127minko

5:12 PM  
Blogger Unknown said...

rolex online store
louis vuitton outlet
rolex oyster perpetual
oakley sunglasses outlet
michael kors
ray ban sunglasses
cheap ugg boots
kate spade outlet
ralph lauren
supreme t shirts
2017.08.28chenlixiang

7:33 PM  
Blogger yanmaneee said...

golden goose sneakers
stephen curry shoes
curry 6 shoes
nike off white
supreme clothing
yeezy 700
yeezy boost 350 v2
golden goose
yeezy supply
off white

7:04 AM  

Post a Comment

<< Home