pop | arts whatever

Monday, February 12, 2007

Busway

Seorang bapak menelepon sebuah acara pagi di radio pada hari ketika busway koridor 6 dan 7 dibuka beberapa waktu lalu, sebelum Jakarta banjir. Dengan nada khas seorang pengecam busway, dia menginformasikan bahwa Jalan Buncit Raya macet "gara-gara busway". Ia bicara seolah-olah para pendengar radio itu berada dalam situasi gawat sehingga harus diperingatkan dengan kata 'awas' dan semacamnya. Bagi dia, busway adalah ancaman, yang mengganggu dan merugikan kaum pengendara mobil.

Pagi ini, gema suara bapak itu seolah kembali ke telinga saya, ketika dalam angkot 61 (Cinere - Pasar Minggu) saya dengar seorang ibu mengeluhkan kemacetan yang luar biasa di Jalan Marga Satwa. Ibu itu juga menyalahkan busway sebagai penyebab --penambah-- kemacetan, dan bukannya seperti dimaksudkan Gubernur Sutiyoso, untuk mengatasi kemacetan. Saya heran, mengapa ibu itu bisa punya pikiran seperti itu, padahal jelas-jelas, angkot yang dia tumpangi tidak bisa bergerak karena mobil-mobil pribadi, dan bukannya karena busway yang punya jalur sendiri.

Setelah sempat berhenti beroperasi karena banjir, busway koridor 6 (Ragunan - Manggarai) kembali dibuka, dan pagi ini, Senin (12/2/07) pukul 09.00 WIB saya berniat untuk naik karena saya lihat armadanya sudah cukup banyak. Terbukti, jarak antara satu bus dengan bus berikutnya tak begitu lama. Saya turun angkot dan naik tangga untuk mencapai halte SMK 37. Perempuan muda yang menjaga loket tersenyum manis dan ramah menyambut saya, begitu pun laki-laki muda yang bertugas menyobek tiket.

Tak banyak orang yang duduk menunggu --wajah-wajah yang sumringah dan memancarkan sinar semangat menyongong hari pertama pekan aktivitas rutin mereka. Tak sampai lima menit busway datang. Masih banyak bangku kosong di dalam, sehingga saya bisa memilih tempat duduk dengan leluasa dan menikmati perjalanan dengan nyaman, sampai ke tempat tujuan, halte perempatan Mampang.

Sepanjang jalan, saya begitu bahagia melihat mobil-mobil merayap seperti keong. Busway yang melaju cepat tanpa hambatan seperti mengejek dengan telak mobil-mobil pribadi yang berderet panjang dalam kemacetan. Sebaliknya, orang-orang yang duduk dengan sentausa di dalam mobil-mobil mewah itu pastinya sewot dan terbete-bete melihat busway yang nyelonong mendahului mereka tanpa ampun. Saya makin gembira membayangkan mereka menyumpah-nyumpah dengan kesal.

Bagi saya, busway adalah salah satu hal yang paling menyenangkan dari kehidupan kota Jakarta saat ini. Sejak awal, saya sepenuhnya mendukung pengadaan sarana transportasi umum yang dikritik banyak orang itu. Sejak awal pula, saya percaya bahwa busway --sampai saat ini-- merupakan satu-satunya cara paling mungkin dan masuk akal untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Bahwa, dalam kenyataannya, dengan adanya busway kemacetan sama sekali tidak berkurang, saya kira bukan salah busway-nya, melainkan sikap mental dan cara berpikir kaum bermobil-lah yang harus diubah.

Mengharapkan orang-orang mereka meninggalkan mobil mereka di rumah dan memilih naik busway, jelas hanyalah mimpi di siang bolong. Meskipun, saya bukannya tidak yakin, orang seperti itu ada. Tapi, jumlahnya jelas masih sangat jauh panggang dari api untuk mampu membuat tujuan busway terwujud. Para pengritik --dan pembenci-- busway, seperti tersirat dari sikap yang ditunjukkan bapak penelepon di atas merupakan tipikal khas kaum bermobil Jakarta, yang merasa paling berhak atas jalan-jalan raya.

Mereka menutup mata bahwa merekalah pihak yang sebenarnya paling bertanggung jawab --dan, dengan demikian paling bisa diharapkan untuk mengurai-- atas keruwetan lalu lintas di Jakarta. Okelah, mereka tak perlu meninggalkan mobil mereka dan beralih naik busway, tapi plis deh, tidak usah lantas menyalahkan busway sebagai penambah kemacetan. Karena itu sungguh melukai hati masyakarat luas yang tela lama menunggu adanya fasilitas tansportasi umum yang murah, aman, nyaman dan cepat. Kaum tak bermobil juga berhak untuk sampai di kantor dalam keadaan tetap rapi dan tak berkeringat, seperti mereka yang bermobil.

7 Comments:

Blogger IkLan OnLine Network said...

hai??

11:15 AM  
Blogger Ahmed Noer said...

hai?

11:28 AM  
Blogger oakleyses said...

louis vuitton outlet, oakley sunglasses, michael kors handbags, cheap jordans, prada handbags, uggs outlet, michael kors outlet, oakley sunglasses, uggs on sale, ray ban sunglasses, burberry outlet, tiffany jewelry, uggs on sale, kate spade, gucci handbags, ray ban sunglasses, prada outlet, longchamp outlet, louboutin uk, burberry factory outlet, tory burch outlet, nike air max, tiffany jewelry, christian louboutin, louboutin shoes, oakley sunglasses, cheap oakley sunglasses, chanel handbags, michael kors outlet store, louis vuitton outlet, nike outlet, ralph lauren polo, louis vuitton, christian louboutin, michael kors outlet online, longchamp outlet, uggs outlet, michael kors outlet online, nike air max, longchamp bags, replica watches, ralph lauren outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, louis vuitton outlet online, nike free, michael kors

6:58 PM  
Blogger oakleyses said...

burberry pas cher, lunette oakley pas cher, coach outlet, kate spade outlet, true religion jeans, converse, coach outlet, longchamp soldes, north face uk, michael kors, louboutin pas cher, new balance, lululemon outlet, coach purses, nike air max, hermes pas cher, nike tn pas cher, vans pas cher, coach outlet store online, mulberry uk, lunette ray ban pas cher, nike air max uk, sac guess pas cher, nike air force, nike roshe run pas cher, longchamp pas cher, north face pas cher, nike air max pas cher, ray ban uk, true religion outlet, abercrombie and fitch, polo lacoste pas cher, true religion outlet, michael kors, jordan pas cher, nike free, polo ralph lauren uk, vanessa bruno pas cher, true religion outlet, hogan sito ufficiale, ralph lauren pas cher, michael kors outlet online, nike free pas cher, nike roshe uk, abercrombie and fitch UK, nike blazer pas cher, hollister uk

7:00 PM  
Blogger oakleyses said...

toms shoes, supra shoes, montre pas cher, ugg uk, juicy couture outlet, moncler, lancel, michael kors outlet online, ugg pas cher, michael kors handbags, barbour, doke & gabbana, michael kors outlet, coach outlet, louis vuitton uk, canada goose jackets, pandora charms, moncler, ugg,ugg australia,ugg italia, links of london uk, moncler jackets, hollister, juicy couture outlet, canada goose outlet, swarovski uk, pandora jewelry, canada goose pas cher, canada goose outlet, marc jacobs, moncler pas cher, thomas sabo uk, swarovski jewelry, karen millen uk, louis vuitton, moncler, moncler uk, sac louis vuitton, canada goose, moncler outlet, louis vuitton, canada goose, wedding dresses uk, ugg,uggs,uggs canada, canada goose uk, sac louis vuitton, moncler, replica watches, barbour jackets uk, bottes ugg pas cher, canada goose jackets

7:26 PM  
Blogger Unknown said...

hermes outlet
nike trainers
mlb jerseys
michael kors outlet
canada goose outelt
swarovski crystal
air jordan 4
lacoste pas cher
kobe bryants shoes
cheap football shirts
swarovski crystal
parajumpers outlet
canada goose outlet
ralph lauren outlet
air jordan 11
phone cases
michael kors canada
longchamp handbags
louis vuitton bags

12:55 AM  
Blogger Unknown said...

cheap nike shoes
adidas outlet
soccer jerseys wholesale
michael kors handbags
mulberry outlet store
prada outlet
cheap nba jerseys
ralph lauren uk
swarovski crystal
oakley sunglasses wholesale
chanel handbags outlet
ralph lauren outlet
cheap jordan shoes
canada goose coats
toms outlet store
puma outlet
north face outlet store
ugg boots
black friday deals
1127minko

5:12 PM  

Post a Comment

<< Home